Hasil
Observasi Kelas VIII2 SMP Muhammadiyah Tallo Makassar
A.
Profil
Proses Pembelajaran Di Kelas
MTs Muhammadiyah Tallo adalah
sekolah yang terletak di kecamatan Tallo kota Makassar tepatnya Jln. Arif Rahman Hakim No. 2 Makassar.
Sekolah ini cukup
strategis sehingga mudah
diakses oleh masyarakat. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran
matematika di MTs Muhammadiyah Tallo yaitu : pertama, adanya gangguan dari siswa pada saat proses pembelajaran
sehingga konsentrasi mereka sedikit berkurang. Kedua, kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap
pembelajaran matematika,
sehingga mereka berpendapat bahwa matematika pelajaran yang sulit
karena memiliki banyak penyelesaian dan rumus yang harus dihafal. Ketiga,
ada beberapa siswa yang
kurang aktif dalam merespon pembelajaran. Keempat, seringkali proses pembelajaran
didominasi oleh siswa
yang memiliki kemampuan lebih dimata pelajaran matematika sehingga berakibat
pula pada ketidakaktifan siswa lainnya didalam proses pembelajaran matematika.
B.
Profil
Hasil Pembelajaran di dalam kelas
Masalah yang
telah disampaikan oleh observer di atas merupakan masalah yang dihadapi siswa.
Mengakibatkan hasil belajar matematika mereka rata-rata tidak mencapai target
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70.
C.
Alasan
Pemilihan Tindakan
I. Alasan Tindakan I
Berdasarkan
masalah yang telah dipaparkan oleh observer di atas sehingga observer mencoba
menerapkan
suatu model pembelajaran
yakni
Quantum Learning sehingga model ini diharapkan dapat
mengefektifkan proses pembelajaran matematika di kelas VIII2. Model
pembelajaran ini bertujuan
Untuk
menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menciptakan proses belajar yang
menyenangkan serta menyesuaikan kemampuan otak yang dimiliki oleh siswa. Oleh
karena itu, observer
mengambil judul “Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Quantum
Learning
pada kelas VIII2 MTs Muhammadiyah Tallo”.
II. Alasan Tindakan II
Alasan observer memilih judul “Meningkatkan kualitas hasil belajar matematika melalui model pembelajaran CTL
(Contextual Teaching Learning) pada
siswa kelas
VIII2 MTs Muhammadiyah Tallo ” adalah untuk meningkatkan kualitas
hasil pembelajaran
matematika di sekolah tersebut. Model
pembelajaran ini bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi
pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks
kehidupan mereka sehari-hari serta bertujuan agar dalam belajar itu tidak hanya
sekedar menghafal tetapi perlu dengan adanya pemahaman. Karena dari hasil observasi oleh observer bahwa terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam
kegiatan
pembelajaran dan kurang
memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru.
III. Alasan Tindakan III
Berdasarkan hasil observer di atas sehingga observer mencoba mengambil suatu model
pembelajaran problem based learning dan diharapkan model
pembelajaran problem based
learning dapat mengefektifkan proses pembelajaran matematika
di kelas VIII2. Model
pembelajaran problem based
learning
ini bertujuan mengaktifkan siswa untuk belajar melalui berbagai
permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan pengetahuan
yang telah atau akan dipelajarinya. Oleh karena itu,
observer
mengambil judul “Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada kelas VIII2
MTs Muhammadiyah Tallo”.
Mengetahui;
Kepala
Sekolah MTs Muhammadiyah Tallo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar