In Self

Selasa, 14 Oktober 2014

Narasi (Seminar Matematika)



Hasil Observasi Kelas VIII2 SMP Muhammadiyah Tallo Makassar
A.    Profil Proses Pembelajaran Di Kelas
MTs Muhammadiyah Tallo adalah sekolah yang terletak di kecamatan Tallo kota Makassar tepatnya Jln. Arif Rahman Hakim No. 2 Makassar. Sekolah ini cukup strategis sehingga mudah diakses oleh masyarakat. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran matematika di MTs Muhammadiyah Tallo  yaitu : pertama, adanya gangguan dari siswa pada saat proses pembelajaran sehingga konsentrasi mereka sedikit berkurang. Kedua, kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika, sehingga mereka berpendapat bahwa matematika pelajaran yang sulit karena memiliki banyak penyelesaian dan rumus yang harus dihafal. Ketiga, ada beberapa siswa yang kurang aktif dalam merespon pembelajaran. Keempat, seringkali proses pembelajaran didominasi oleh siswa yang memiliki kemampuan lebih dimata pelajaran matematika sehingga berakibat pula pada ketidakaktifan siswa lainnya didalam proses pembelajaran matematika.
B.     Profil Hasil Pembelajaran di dalam kelas
Masalah yang telah disampaikan oleh observer di atas merupakan masalah yang dihadapi siswa. Mengakibatkan hasil belajar matematika mereka rata-rata tidak mencapai target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70.
C.    Alasan Pemilihan Tindakan
I.       Alasan Tindakan I
Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan oleh observer di atas sehingga observer mencoba menerapkan suatu model pembelajaran yakni Quantum Learning sehingga model ini diharapkan dapat mengefektifkan proses pembelajaran matematika di kelas VIII2. Model pembelajaran ini bertujuan Untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menciptakan proses belajar yang menyenangkan serta menyesuaikan kemampuan otak yang dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, observer mengambil judul “Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada kelas VIII2 MTs Muhammadiyah Tallo”.
II.    Alasan Tindakan II
Alasan observer memilih judul “Meningkatkan kualitas hasil belajar matematika melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) pada siswa kelas VIII2 MTs Muhammadiyah Tallo ” adalah untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran matematika di sekolah tersebut. Model pembelajaran ini bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi  pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari serta bertujuan agar dalam belajar itu tidak hanya sekedar menghafal tetapi perlu dengan adanya pemahaman. Karena dari hasil observasi oleh observer bahwa terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan kurang memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru.
III. Alasan Tindakan III
Berdasarkan hasil observer di atas sehingga observer mencoba mengambil suatu model pembelajaran problem based learning dan diharapkan model pembelajaran problem based learning dapat mengefektifkan proses pembelajaran matematika di kelas VIII2. Model pembelajaran problem based learning ini bertujuan mengaktifkan siswa untuk belajar melalui berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan pengetahuan yang telah atau akan dipelajarinya. Oleh karena itu, observer mengambil judul “Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada kelas VIII2 MTs Muhammadiyah Tallo”.

Mengetahui;
Kepala Sekolah MTs Muhammadiyah Tallo

                                                                     
                                                                Drs. Anwar, MM
                                                                 NBM: 779 321

Tidak ada komentar:

Posting Komentar