In Self

Senin, 09 Desember 2019

PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL PLOMP


 DESIGN RESEARCH MODEL PLOMP

 
A.    Pengertian Design Research
Design Research merupakan penelitian untuk merancang dan mengembangkan intervensi (seperti program, strategi, produk dan sistem) sebagai solusi dari sebuah masalah yang kompleks serta untuk memajukan pengetahuan.
Terdapat dua tujuan yang mungkin dari Design Research yang dapat diidentifikasi dan bergantung pada tujuan penelitian, kita dapat membedakan antara studi pengembangan dan studi validasi secara brturut-turut.
1.      Development studies (Studi Pengembangan)
Tujuan dari penelitian Design Research adalah untuk mengembangkan penelitian berbasis solusi untuk masalah yang komplek. Tipe dari Design Research dalam studi pengembangan ini adalah mendefiniksan analisis secara sistematik, desain dan evaluasi dengan tujuan untuk menggeneralisasi solusi dari penelitian untuk masalah yang komplek dan meningkatkan pengetahuan kita tentang ciri-ciri dari intervensi serta proses yang diperlukan untuk mendesain dan mengembangkannya.
2.      Validation Studies (Studi Validasi)
Tujuan dari penelitian Design Research adalah untuk mengembangkan atau memvalidasi suatu teori. Misal dalam dunia Pendidikan tipe ini didefinisikan sebagai studi dari intervensi Pendidikan (seperti proses belajar, lingkungan belajar).
Design Research sering merupakan kombinasi dari development dan validation study. Hal ini penting untuk dicatat bahwa perbedaan antara pengembangan dan validasi studi adalah penting secara konseptual. Bagaimanapun dalam praktek Design Research mungkin mengkombinasikan dua orientasi dalam penelitiannya.
Salah satu contoh yang baik dari kasus ini adalah penelitian oleh Fauzan (2002), yang penelitiannya dapat dikategorikan sebagai jenis pengembangan studi dari Design Research karena bertujuan untuk mengembangkan prinsip-prinsip pendidikan matematika realistik (pendekatan konstruktivis untuk pengajaran dan pembelajaran matematika) untuk materi geometri. Namun, karena penelitian ini juga bertujuan untuk memvalidasi apakah pendekatan konstruktivis dari pendidikan matematika realistik dapat berhasil diterapkan dalam konteks pendidikan matematika Indonesia, penelitian ini juga merupakan jenis validasi studi dari Design Research.
     Jadi Design Research adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat ditanggungjawabkan.
B.     Fase-fase dalam penelitian Plomp
Menurut Plomp (2013), berdasarkan sifatnya, Design Research relevan untuk praktek atau kebijakan dalam pendidikan, karena bertujuan untuk mengembangkan solusi berdasarkan penelitian untuk masalah kompleks dalam praktek pendidikan atau untuk mengembangkan atau memvalidasi teori tentang proses belajar dan mengajar.
Apapun tujuan Design Research, proses penelitian selalu menggabungkan proses desain pendidikan yang sistematis, seperti digambarkan pada Gambar 1.
Gambar 1: Iterasi siklus desain sistematis
Langkah-langkah proses penelitian dan pengembangan menunjukkan  suatu siklus, yang diawali dengan adanya kebutuhan, permasalahan yang membutuhkan pemecahan kemudian di analisis dan dilakukan suatu desain dan pengembangan prototype kemudian dievaluasi dan direvisi. Siklus tersebut berlangsung sampai menghasilkan suatu produk yang ideal.  Siklus ini bisa diilustrasikan dalam beberapa cara seperti contoh dibawah ini :
Reeves (2006) menggambarkan pendekatan Design Research sebagai berikut:
Gambar 2: Perbaikan masalah, solusi, metode, dan prinsip-prinsip desain (Reeves, 2000, 2006)
McKenney (2001) menggambarkan proses siklus ini sebagai berikut:
Gambar 3: Tampilan dari studi cascade-laut (McKenney, 2001)
Dari beberapa gambar diatas, Penulis dapat bervariasi menggambarkan suatu siklus dalam  Design Research, tetapi mereka semua setuju bahwa Design Research terdiri dari beberapa tahap, tahap-tahap berikut dibedakan:
                                               i.            Preliminary Research (Penelitian pendahuluan): analisis isi dan kebutuhan, tinjauan literatur, pengembangan kerangka konseptual atau teoritis untuk penelitian.
                                             ii.            Development or Prototyping Phase (Pengembagan atau Fase Prototype): tahap desain iterative yang terdiri dari iterasi, masing-masing menjadi siklus kecil penelitian dengan evaluasi formatif sebagai aktivitas penelitian yang paling penting yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyempurnakan intervensi
                                          iii.            Assesment Phase (Fase Penilaian): (Semi-) evaluasi sumatif untuk menyimpulkan apakah solusi atau intervensi memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan.

C.     Karakteristik dari Design Research.
Sepanjang kegiatan penelitian, peneliti akan melakukan refleksi sistematis dan dokumentasi untuk menghasilkan teori atau prinsip-prinsip desain (sebuah konsep yang diambil dari van den Akker, 1999) sebagai penelitian yang ilmiah. Penulis tentang Design Research yang lain juga setuju ada sejumlah karakteristik  dari jenis penelitian. Van den Akker et al. (2006) menyebutkan sebagai berikut:

Dengan mengacu pada beberapa penulis, seperti van den Akker (1999), Kelly (2006) dan Nieveen (1999), karakteristik lain dapat ditambahkan, yaitu:

D.    Pertanyaan penelitian secara umum dalam Design Research
 Secara umum pertanyaan penelitian menurut Plomp (2013) dapat disusun sebagai berikut :
Apa yang menjadi karakteristik dari suatu <intervensi X> untuk tujuan atau hasil Y dalam bidang Z?
Contoh pertanyaan penelitian dalam praktik pendidikan adalah strategi belajar dan mengajar apa yang memadai untuk mengatasi kesulitan utama dan untuk menanamkan pemahaman yang bermakna  dalam materi genetika? Knippels (dalam plomp, 2013)
Tentu saja, tidak semua peneliti menggunakan susunan dari pertanyaan itu, tetapi inti dari pertanyaan dalam Design Research secara tidak langsung selalu mencari suatu karakteristik.
E.      Evaluasi formatif dalam Design Research
Evaluasi itu ditujukan untuk perbaikan, berlangsung dalam semua tahap dan siklus berulang dari Design Research.
1.      Evaluasi Formatif menurut Nieveen (1999)
Design Research bertujuan untuk menghasilkan intervensi dengan kualitas baik. Kriteria untuk kualitas yang jelas adalah intervensi yang efektif. Dikatakan efektif jika hasil yang diharapkan tercapai. ada beberapa kriteria yang dapat membantu peneliti untuk mengoptimalkan pengembangan desain mereka. Menurut Nieveen (1999) mengusulkan beberapa kriteria umum untuk intervensi dengan kualitas tinggi yaitu validitas, kepraktisan, efektifitas.
Tabel 3, menunjukkan kesimpulan dari kualitas kriteria selama penelitian
2.      Evaluasi Formatif menurut Tessmer (1993)
Evaluasi formatif memiliki berbagai lapisan dalam sebuah proyek Design Research, dari lebih informal pada tahap awal proyek (evaluasi diri, satu-ke-satu evaluasi, review ahli) untuk evaluasi kelompok kecil bertujuan untuk menguji kepraktisan dan efektivitas, untuk uji lapangan penuh (jika mungkin).
Gambar 5: Lapisan evaluasi formatif (diambil dari Tessmer, 1993)
Gambar 5 menggambarkan beberpa metode evaluasi formatif yang dapat dipilih seperti evaluasi diri/self evaluation, evaluasi satu-satu/one-one evaluation, tinjauan ahli/expert review, tujuan tes pada evaluasi kelompok kecil yaitu praktikalitas dan efektivitas pada uji coba kelompok besar
a)      Evaluasi diri (self evaluation): menggunakan daftar cek dari karakteristik penting atau spesifikasi desain.
b)     Tinjauan ahli (expert review), kelompok ahli (ahli bidang studi, ahli desain pembelajaran) memberikan penilaian dan saran-saran terhadap produk yang dikembangkan.
c)      Evaluasi satu-satu (one to one evaluation) dengan pengguna yang representatif.
d)     Kelompok kecil atau evaluasi mikro (small group or micro evaluation), kelompok kecil pengguna menggunakan produk dalam situasi yang normal.
e)      Tes lapangan atau tryout, kelompok sasaran yang menggunakan produk dalam praktek.
F.      Design Research secara sederhana
Mengacu pada pertanyaan penelitian secara keseluruhan yang disajikan di atas, peneliti (atau kelompok penelitian) akan menyimpulkan sebagai berikut tentang intervensi nya:
Diberikan konteks Z, jika saya melakukan <intervensi ( berdasarkan teori) X> maka saya berharap < hasil Y>.
Berikut skema yang dapat ditampilkan :
Hal ini penting untuk menunjukkan beberapa aspek kunci dalam skema ini. Pada awalnya, hasil dari intervensi diindikasikan sebagai Y1, Y2, ..., Yn , Karena sering kali suatu intervensi dirancang untuk mewujudkan beberapa hasil, misalnya prestasi lebih baik, peningkatan sikap siswa, meningkatkan kepuasan guru.
Aspek penting lainnya adalah bahwa intervensi disajikan sebagai 'input → proses'. Sangat penting bahwa peneliti (atau kelompok penelitian) menyadari bahwa ketika merancang suatu proses inovatif (misalnya, lingkungan belajar) kita harus memperhitungkan juga input atau kondisi yang diperlukan untuk membuat fungsi proses (misalnya, ketersediaan infrastruktur , perubahan dalam organisasi dari proses belajar-mengajar, pengembangan guru).

G.    Generalisasi dalam Design Research
Berikut pertanyaan sejauh mana prinsip-prinsip desain dapat digeneralisasi dari satu konteks ke konteks lain. Dalam penelitian desain, seperti pada studi kasus dan studi eksperimental, temuan tidak dapat digeneralisasi untuk alam semesta yang lebih luas. Tidak ada generalisasi  statistik dari sampel ke populasi, seperti kasus dalam penelitian survei. Yin (2003) menunjuk bahwa dalam studi kasus dan studi eksperimental, penyidik ​​berusaha untuk menggeneralisasi hasil tertentu untuk teori yang lebih luas. Hal ini juga terjadi di Design Research, peneliti harus berusaha untuk menggeneralisasi 'prinsip-prinsip desain' untuk beberapa teori yang lebih luas. Yin (2003) menunjuk bahwa generalisasi tidak otomatis. Prinsip-prinsip desain harus diuji melalui ulangan dari temuan dalam kasus kedua, ketiga atau lebih dalam berbagai konteks dengan tujuan bahwa hasil yang sama harus terjadi. Setelah ulangan tersebut telah dibuat, hasilnya mungkin akan diterima untuk jumlah yang jauh lebih besar dari konteks yang serupa, meskipun ulangan lanjut belum dilakukan.

H.    Daftar Pustaka
diSessa, A.A., & Cobb, P. (2004). Ontological innovation and the role of theory in design experiments. Educational Researcher, 32 (1), 77-103.
Edelson, D.C. (2006). Balancing innovation and risk: Assessing design research proposals. In J. van den Akker, K. Gravemeijer, S. McKenney, & N. Nieveen (Eds.). (2006). Educational design research (pp. 100-106). London: Routledge.
Nieveen, N. (1999). Formative evaluation in educational design. In T. Plomp, & N. Nieveen (Eds.), An introduction to educational design research (pp. 89-101). Enschede, the Netherlands: SLO
Plomp, T. (2013). Educational Design Research. Part A: An Introduvtion. (pp 10-52). Enschede. The Netherlands: SLO


Tidak ada komentar:

Posting Komentar